Jurnal Refleksi Minggu Ke-20_Indra Hadi Karmaulu, CGP Angkatan 3 Kabupaten Poso
JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-20
OLEH :
INDRA HADI KARMAULU
CGP ANGKATAN 3 KABUPATEN POSO
1. Facts (Peristiwa)
Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut?
Pembelajaran minggu ini diawali dengan merancang rencana pelaksanaan Aksi Nyata untuk Modul 3.1. Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran, selanjutnya melanjutkan pembelajaran pada modul 3.2. Pemimpin dalam Pemberdayaan Sumber Daya yaitu pada Modul 3.2.a.3. Mulai dari Diri dan 3.2.a.4. Eksplorasi Konsep (Mandiri dan Forum Diskusi Asinkron) serta diakhiri dengan Lokakarya 5. Pengalaman yang dapat saya ambil selama minggu ini adalah banyak melakukan literasi dari berbagai media dan sumber mengenai pembelajaran di modul ini dan merasa bersyukur pada kegiatan Lokakarya 5 bisa berkomunikasi dan bertemu secara langsung dengan sesama rekan CGP serta melakukan refleksi dan kolaborasi bersama. Alhamdulillah dengan seringnya melakukan literasi hambatan dan kesulitan yang dialami selama proses pembelajaran minggu ini dapat teratasi dan merasa senang dan bahagia menjalani proses pembelajaran di minggu ini.
2. Feelings (Perasaan)
Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.
Perasaan saya selama pembelajaran berlangsung di minggu ini adalah merasa senang dan bahagia, yang saya rasakan ke dalam kelas yaitu pada saat Lokakarya yaitu berbagi bersama rekan-rekan CGP lain yakni kami sebagai Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi kompetensi yang sudah berkembang selama program calon guru penggerak, mampu mengidentifikasi kompetensi yang belum berkembang selama program calon guru penggerak, mampu mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan kompetensi diri calon guru penggerak, dan mampu menyusun rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi guru penggerak. Alhamdulillah kami melakukannya dengan bahagia dan hati yang senang.
3. Findings (Pembelajaran)
Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?
Pelajaran yang saya dapatkan dari proses pembelajaran minggu ini adalah Bagaimana kita sebagai warga sekolah diharapkan mampu menggunakan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset, tentunya Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset dapat kita gunakan di sekolah saya, karena Bagaimana kita mengelola sumber daya yang ada dengan baik terlebih dahulu, baik dari guru, tenaga administrasi maupun sarana prasarana dan keuangan sekolah sehingga sekolah dapat mengembangkan dirinya sendiri dengan hanya melibatkan apa yang sudah ada di dalamnya.
Setiap warga sekolah memiliki tanggung jawab yang sama untuk memajukan sekolah, menjaga hubungan harmonis, dan memajukan kesuksesan suatu program yang akan dan sedang dilakukan. Guru harus menjaga hubungan harmonis dengan guru lain, dengan kepala sekolah, dengan tenaga kependidikan, dengan seluruh stakeholder yang terlibat terutama menjaga keharmonisan dengan muridnya dan begitu pun sebaliknya. Proses tersebut merupakan proses yang terjadi untuk menciptakan keharmonisan dan konduktifitas lingkungan sekolah dengan memanpaatkan asset yang ada di sekolah. Menurut saya kami di sekolah belum berusaha mandiri untuk memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk merubah keterpojokan dan ketidaknyaman menjadi situasi yang aman, damai, nyaman dan kondusif. Jadi selama ini yang kita lakukan belum mengarah terhadap melakukan sebuah upaya dengan menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset. Beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam mengelola Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset yaitu :
- Fokus pada aset dan kekuatan
- Membayangkan masa depan
- Berpikir tentang kesuksesan yang telah diraih dan kekuatan untuk mencapai kesuksesan tersebut.
- Mengorganisasikan kompetensi dan sumber daya (aset dan kekuatan)
- Merancang sebuah rencana berdasarkan visi dan kekuatan
- Melaksanakan rencana aksi yang sudah diprogramkan.
4. Future (Penerapan)
Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini?
Yang bisa saya lakukan dengan lebih baik di masa depan setelah belajar pada modul ini adalah Berusaha terus memanfaatkan asset sekolah yang ada, dengan selalu berusaha menjaga, merawat dan memelihara asset yang sudah ada untuk dapat merancang visi yang dapat diwujudkan melalui aksi nyata di sekolah demi tercapainya Visi dan Misi serta Tujuan Sekolah..
Sekian dan Terima kasih
Salam Sehat dan Bahagia
Salam Guru Penggerak
GURU BERGERAK
INDONESIA MAJU
Komentar
Posting Komentar