Jurnal Refleksi Minggu Ke-10_CGP Indra Hadi Karmaulu, S.Pd.


JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-10_CGP Indra Hadi Karmaulu, S.Pd.

Unit Kerja : SMP Negeri 2 Lage

MODEL SEGITIGA REFLEKSI

Segitiga warna hijau : Setelah pembelajaran minggu ini, saya akhirnya mampu ..., Segitiga warna merah : Setelah pembelajaran minggu ini, saya akhirnya memahami bahwa ..., Segitiga warna pink : Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran minggu ini adalah ..., Segitiga warna biru : Setelah melakukan pembelajaran minggu ini, target saya berikutnya adalah ...

 Pembelajaran di minggu ke-10 ini, adalah mempelajari Modul 2.1 (Pembelajaran Berdiferensiasi) diawali dari Eksplorasi Konsep-Mandiri melalui pembelajaran di LMS SIM PKB, selanjutnya Eksplorasi Konsep-Forum Diskusi antara sesama CGP dan Fasilitator, Ruang Kolaborasi-Pengerjaan, Ruang Kolaborasi-Presentasi dan di akhiri dengan Jurnal Refleksi Mingguan. Setelah melaksanakan pembelajaran di minggu ini, saya akhirnya mampu berkolaborasi dengan rekan CGP di kelompok, maupun antara sesama CGP lainnya untuk merancang dan berusaha untuk mampu menerapkan RPP Berdiferensiasi pada kelas kami masing-masing, dengan terus berjuang mencapai pembelajaran yang berpihak pada murid dan selalu berusaha untuk mengimbaskan pengetahuan yang kami miliki kepada rekan-rekan guru di sekolah.
Setelah pembelajaran minggu ini, saya akhirnya memahami bahwa Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi adalah bagaimana kita bisa memetakan kebutuhan murid, yang dapat dilihat lewat 3 aspek yaitu : kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid. Strategi diferensiasi berdasarkan 3 pemetaan kebutuhan tadi, diferensiasi dapat dilakukan dalam beberapa strategi, yaitu :
  1. Diferensiasi Konten, adalah apa yang kita ajarkan pada murid-murid kita, konten dapat dibedakan sebagai tanggapan terhadap kesiapan, minat dan profil belajar murid yang berbeda. Tomlinsen memberikan kita alat bernama Aqualizer yang dapat membantu guru untuk menentukan kesiapan, minat dan profil belajar murid.
  2. Diferensiasi Proses, mengacu pada bagaimana murid akan memahami atau memaknai apa informasi atau materi yang dipelajari. Guru harus memikirkan bagaimana kebutuhan murid bisa dipenuhi. Cara melakukan diferensiasi proses: 1) Guru dapat melakukan kegiatan berjenjang, 2) Guru dapat menyediakan pertanyaan pemandu (tantangan) yang perlu diselesaikan di sudut-sudut minat yang disiapkan di kelas, 3) Membuat agenda individual untuk murid, 4) Memvariasikan lama waktu yang murid dapat ambil untuk menyelesaikan tugas, 5) Mengembangkan kegiatan bervariasi, 6) Menggunakan pengelompokkan yang fleksibel.
  3. Diferensiasi Produk, adalah hasil dari pekerjaan atau unjuk kerja yang harus ditunjukkan oleh murid kepada guru.
Lingkungan belajar adalah faktor yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi harus dapat dibangun diatas apa yang disebut learning community atau lingkungan belajar, adalah komunitas yang kesemua anggotanya adalah pembelajar. Lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi yaitu : 1) setiap orang dalam kelas menyambut dan merasa disambut dengan baik, 2) Setiap orang dalam kelas tersebut saling menghargai, 3) Murid akan merasa aman, 4) Ada harapan bagi pertumbuhan, 5) Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan, 6) Ada keadilan dalam bentuk yang nyata, 7) Guru dan murid berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.
Selanjutnya Peran Penilaian dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, adalah proses mengumpulkan, mensintesis dan menafsirkan informasi di kelas untuk tujuan membantu pengambilan keputusan guru. Ini mencakup berbagai informasi yang membantu guru untuk memahami murid mereka, memantau proses belajar mengajar, dan membangun komunitas kelas yang efektif. Di dalam kelas, kita dapat memandang penilaian dalam 3 perspektif, yaitu : 1) Assesment for learning-penilaian yang dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran, 2) Assesment of learning-penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai, 3) Assesment as learning-penilaian sebagai proses belajar dan melibatkan murid-murid secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Dalam praktik pembelajaran berdiferensiasi penilaian formatif memegang peranan yang sangat penting, karena penilaian formatif ini bersifat memonitor proses pembelajaran, dan dilakukan secara berkelanjutan serta konsisten, sehingga akan membantu guru untuk memantau pengetahuan, pemahaman dan keterampilan murid yang berkembang terkait dengan topik atau materi yang sedang dipelajari (Tomlinsen dan Moon, 2013).
 Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran minggu ini adalah sangat senang, karena pada modul ini saya dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan CGP hebat dalam berdiskusi melalui forum diskusi-asinkron dan mampu berkolaborasi dalam merancang RPP Berdiferensiasi serta pada saat mempresentasikan hasil diskusi melalui forum diskusi-presentasi. Di minggu ini banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang dapat saya peroleh dari Fasilitator dan pembelajaran lewat LMS serta rekan-rekan CGP lain yang bermanfaat bagi saya agar bisa merancang dan menerapkan RPP Berdiferensiasi ini di kelas saya. Namun dengan keterbatasan yang saya miliki di minggu ini agak sedikit keteteran dalam membuat tugas karena kegiatannya bertepatan dengan pelaksanaan ANBK SD yang di selenggarakan di sekolah kami, tetapi Alhamdulillah atas izin dari yang Maha Kuasa, Allah Swt, saya bisa memenuhi tugas-tugas saya di minggu ini.
Setelah melakukan pembelajaran tentang RPP Berdiferensiasi di minggu ini adalah merancang dan menerapkan RPP berdiferensiasi yang akan kami buat kepada murid-murid kami sesuai kesiapan, minat dan profil belajar mereka dan memaksimalkan kemampuan saya agar pembelajaran di kelas menjadi maksimal, dan mencatat semua kekurangan-kekurangan pada saat pembelajaran yang akan menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya, selanjutnya saya akan mensosialisasikan RPP Berdiferensiasi ini kepada semua rekan-rekan guru yang ada di sekolah melalui forum Komunitas Praktisi yang sudah terbentuk ataupun melalui Bincang-Bincang santai dengan sesama rekan guru.

DOKUMENTASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MINGGU INI 







Komentar

Postingan Populer

Catatan Hasil Lokakarya 2 CGP Angkatan 10 Kabupaten Poso Oleh Pengajar Praktik: Indra Hadi Karmaulu, S.Pd.

Catatan Hasil Lokakarya Orientasi CGP Angkatan 10, Kabupaten Poso Prov. Sulawesi Tengah